Sunday, September 2, 2007

Peluang bisnis non formal (jasa)

Kondisi Doha saat ini adalah seperti kota yang baru tumbuh, dimana-mana sedang ada pembangunan fisik properti dan gedung-gedung bertingkat, jadi bisa dibayangkan kondisinya sebagian masih agak berantakan. Karena kondisi ini ada sektor-sektor atau hal-hal detail masih dianggap blm penting. seperti penghijauan, transportsi umum yang masih terbatas, sarana umum yang belum terlalu diperhatikan (tempat tunggu bus umum/taksi yg beratap dsb).

Tetapi justru dri situ sbnarnya ada sektor2 yang sebenarnya bisa jadi peluang bisnis diantaranya adalah:
1. Bisnis Transportasi
Salah satu kendala terbesar di Doha adalah mendapatkan transportasi umum, selain karena jumlah armada yang sepertinya blm mencukupi jga sarana halte tdk memadai tanpa atap hanya tiang berdiri padahal klu musim gini suhu diluar bsa sampai 40 drajat, jadi nggak nahan klu keluar rumah.
Peluangnya disini adalah Rental mobil+driver panggilan, khususnya yg blm punya mobil, baik utk antar jemput ke kantor, ke sekolah anak-anak atau sekedar utk jalan2 dan belanja misalnya. Katanya ini namanya taksi gelap dan klu ketahuan polisi bisa ditangkap, cuma belum ada informasi apa bedanya rental mobil dgn yang model diatas yang dianggap gelap... disini tax free.

2. Perawatan Mobil
Untuk transportasi umum memang agak susah tapi ada kelebihan di doha untuk belimobil mudah banget tanpa uang muka, bunga rendah sekitar 3.49%/ tahun...hmm selain itu harga mobil lebih murah dri Indonesia karena free tax. Jadi jangan heran klu hampir mayoritas warga punya mobil sendiri dan mobilnya kelas mewah2.

Peluangnya adalah dengan potensi diatas tentu saja potensi bengkel mobil, cuci mobil menjadi sangat menarik. dari pengamatan yang sekrang menjalankan bisnis ini kebanyakan warga2 nepal, india pakistan dan sekitarnya... blm ketemu yang warga asia. Jadi klu punya skill service mobil boleh juga buka disini.... cuci mobil wah laku sekali karena disini mobil cepat kotor dan malas nyucinya....

3. Jual Beli furniture Bekas - Refurbis
Keluar masuk hunian di kota ini lumayan sering, tetapi msalahnya susah sekali mencari tenaga orang untuk bantu angkat2 furniture atau bersih-bersih rumah/flat dsb. Pengalaman temen yang menempati flat bekas orang lain dia ingin Trade In furniture-nya susah sekali dan klu ada dihargainya... tdk masuk akal alias dihargain seharga ongkos angkut. jadi sama saja dgn minta tolong dibuangin.

Peluangnya adalah membuat jasa membersihkan rumah atau furniturenya seperti cuci sofa, karpet tapi di jemput/antar aku yakin bakal laku banget. kalau perlu ditambah jual beli dan Trade In furniture dijamin laku. Syaratnya kita bisa juga me-refurbis furniturenya menjadi bersih dan baru lagi dan dijual sebagai barang refurbis ( second tapi baru) aku yakin akan laku sekali dan keuntungan cukup tinggi karena harag beli sama jualnya bisa selisih jauh.

sementara itu peluang2 bisnis yang aku bisa tangkap dari pengelaman seminggu di Doha. So siapa yang berminat monggo..klu sukses cerita2 ya...atau ajak2 hi. ..semoga bermanfaat.

1 comment:

Unknown said...

Saya Tertarik untuk usaha di qatar, saya dari indonesia banten. bagaimana yach caranya