Thursday, September 13, 2007

Apply Driving License Qatar

Kemarin menemani temen utk apply driving lisence di kantor polisi lalu lintas doha atau disebut "murror". disana memang kurang informasi bagaimana tahapan-tahapannya. kalaupun ada tulisan tulisan kebanyakan pakai tulisan arab.

so betikut ini pentunjuknya;
1. Datang ke murror (polisi lalin klu di ina) yg lokasinya ada di daerah madina kallifa dan ada bebrapa tempat lagi di dekat bandara katanya.
2. sesampainya disana langsung saja masuk ke Tukang ketik yg kantornya byk di sekitar murror tersebut. bilang saja minta form applikasi driving lisence + minta diketikin. alasannya formnya bahas arab dan ngisinya jga pakai bahasa arab. tinggal kasih copy passport depan(ada nama nomor passport) dan halaman yg ada CAP Masuk dri emigrasi Qatarwaktu dibandara. Biayanya klu ndak salah 5-10 QR (15 ribuan)
3. Siapkan Foto 4x6 3 lembar dan ditempel di formnya (ada kotaknya) 2 didepan , 1 dibelakang.
4. Setelah lengkap isiannya (walau nak ngerti isinya apa saja) bawa masuk kedalam kantor murror nya yg pintunya ada di pojok sebelah kiri dari pintu gerbang mobil. (pokoknya pintunya di pojokan percis) disana nanti masuk ke kantor melewati pintu kaca sebelah kanan klu dri pintu masuk tadi. Nah didalam ada byk polisi dibelakang meja pelayanan dgn tulisan berjalan diatasnya tpi dlm bahasa arab. langsung saja menuju ke polisi yg pertama dri pintu masuk kaca tersebut untuk minta Cap stempel. (dijamin tdk ada informasi jdi lsg saja). Kalau ramai kayaknya perlu ambil lembaran nomor antrian yg letaknya pun agak tersemmbunyi di meja informasi. disini cma di Cap saja.
5. Selanjutnya masuk ke ruang EYE TEST, yaitu test mata kayak biasanyadi dokter mata itu. yg letaknya di sebelah kiri dair pintu masuk pertama naik ke tangga lantai dua. disana nanti ada petugas dipintu masuk, serahkan form yg sudah di CAP untuk mendapatkan nomor antrian.
6. Selanjutnya tinggal tunggu nomor urutnya utk EYE TEST yg ditampilkan di display digital.
7. Setelah selesai test mata sbnarnya sudah selesai..nah selanjutnya ini bagian yg agak rumit. yaitu minta tanda tangan Kapten hal ini terkait dgn lamanya Driving School yg harus diambil.
Kalau punya SIM indonesia sebaiknya dibawa nanti bisa mengambil Driving School hanya 12 jam dgn 2kali test ujian. Klu ndak bawa akan kena jatah 40 jam dgn 4 kali kesempatan test.
untuk minta tanda tangan ini aku ndak tahu giman caranya..karena yg kualami aku minta bantuan tukang ketiknya utk minta ttd dan kutinggal karena kaptenya ndak mesti ada setiap waktu. 40-50 Qr cukup kyknya ndak ada tarifnya.
8. Setelah beres semua tinggal mendaftar ke Driving School, klu org indonesia biasanya ke Arraya Driving School karena dah kenal sama instrukturnya dri info mulut ke mulut dan telah terbukti bisa meluluskan temen2 yg disini, karena disini agak tdk jelas lulus ndaknya tergantung polisinya. nah dgn kenalan ini jadi bisa labih aman....(pengalaman temen2 seh) aku baru daftar driving school neh..ntar ya tunggu kabarnya. Oh ya sebelum di daftarkan form yg dari lalin tadi minta di CAP dan TTD sama company dimana anda kerja dulu, sama sekalian minta surat pengantar dari perusahaan utk membuat driving license biar lbh lancar.
9. Selanjutnya tinggal menjalani hari2 Driving School per hari 1 jam selama 12/ 40 hari hi...biayanya utk 12 jam sekitar 1200an QR , utk 40 jam lupa temen kemarin sekitar 2500an QR klu ndak salah
10. utk Test ada test tulis/lisan rambu2 lalulintas dan on road test. jadi selamat menimati lika-liku kehidupan di DOHA..hmmm

7 comments:

echo said...

ass.wr.wb.bang joyo di Qtr...kebetulan saya di Qtr 1 th yg lalu,saya di Karwa,kalo cepat n gampang dapetin Driving licence coba datng ke Mowasalat ato karwa,instruktur ada orang indonesianya,saat ini saya lagi cuti 2 bln,n blm ada rencnc blk ke Qtr.saya voluntr Asian Games desmbr lalu,jd 99% tau doha knowledge,mungkin itu saja komen dari saya Bang joyo,sayang blm smpat bertmu,kalo di surau dulu sering lho..ketemu.wass.

echo said...

Bang joyo...saya blm ada rencana blk ke Qtr,pingin sihh...nanti mau job yg laen.mksh ya bang joyo..

echo said...

saat ini di karwa tinggal 40 orang indonesia bang joyo...mudah2an ada yg bisa bantu kalo benar2 dibutuhkan.itu info dari saya.

echo said...

bang joyo ini perkenalan dari saya...habisnya ngisi komennya banyak bgt nehhh...abcd

echo said...

heee...hee..untuk informasi lebih lanjut,ada satu lagi Rest.indo.di Qtr,namanya rest Jakarta,letaknya belakang Hotel Albustam,kalo dari Museum rounabout belok kanan,100m lg belok kanan 20m lg belok kiri di situ ada lampion cina ya di situ,tinggal geser pintu ketemu rest.jkt,n selamat menikmati masakan indo.

echo said...

o ya..kebetulan hobi saya Badminton,ada alkhor komuniti disana banyak indor buat maen,banyak sekali orang indo.disana,emang agak jauh sih...55km dari doha.gitu bang joyo.

Cak Joyo said...

Walaikum salam wr wb.

Wah senang neh ketemu mantan qatar.. btw gimana saya contact sampeyan ya?

Ayo balik sini yuk..biar ada temen neh..hiii