Saturday, August 16, 2008

Aquarium di Doha


Lama tidak updated plg dari cuti panjang salah satu oleh-oleh adalah mencari Aquarium as requested by my small daughter. Karena selama di Indonesia mungkin terobsesi dgn Ikan yang banyak ditemuinya ketika bepergian kemana-mana.

Sekedar sharing barangkali ada yang berminat membeli Aquarium di Doha ini ada informasi yg mungking diperlukan.

1. Toko Penjual Aquarium dan Ikan
Dari survey sampai saat ini baru dua toko yang ditemui yaitu,
a. Animal Kingdom
lokasi di daerah Al saad, tepatnya klu dari arah restoran thailand jalan lurus sampai ketemu Turkey Restoran dekat doha clinic nah Tokonya ada di sebelah kiri jalan depan resto Turkey tersebut. Parkir saja langsung ke pinggir jalanan akan terlihat toko Animal Kingdom yg menjual binatang piaraan dan perlengkapannya.

2. FISH WORLD
Lokasi di al mamoura, utk menuju kesana klu dari C-Rind Road dari ramada arah bandara lurus sampai ketemu traffic Light Cinema (kira2 2 kali traffic light dri ramada) ambil ke kiri arah najma lurus terus sampai mentok ke Pertigaan paling ujung (mentok) Turn Left sekitar 200 meter ada toko besar disebelah kanan jalan sebelum Round About dgn nama Fish World. disini mau beli burung, kucing, marmut ada semua tapi most of them ikan dan aquarium.

Jenis Aquarium dan Ikan
Untuk Pilihan Aquarium dan Ikannya. Menurut yg jualan ada dua macem yaitu Ikan Laut dan Ikan Air tawar ( surprise jga tadinya kok ada ikan air tawar darimana ini ikan ..hi). Kedua ikan tersebut membutuhkan spesifikasi Aquarium yang berbeda. Tentu saja utk AAquarium ikan laut lebih mahal karena system filternya lumayan komplit. sedangkan yg buat air tawar cuma busa biasa saja. Tapi kedua jenis aquarium bisa utk air tawar semua hanya kali saja suatu saat pingin ganti jenis ikan ya siap2 saja sesuai specnya.

Harganya utk aquarium yg sudah komplit pump+batu + pohon2an plastik ukuran kecil/cukupan lah, yg utk air tawar sekitar 325QR dan utk Air laut 475QR (lihat gambar Boyu MT-30)tpi di Fish World bisa di tawar lumayan diskon 25QR. Silahkan disesuaikan Budget dan selera bentuk yg di inginkan. sya sendiri beli yg utk air laut tapi sementara diisi ikan air tawar. pertimbangannya bentuknya lebih Kompak, tidak terlalu gede (makan space dirumah), system filter sudah Ok dan enak di tonton aja sama siapa tahu suatu saat pingin melihara ikan laut jdi ndak usah ganti aquarium lagi.

Untuk Harga Ikan nah ini juga salah satu pertimbangan. Jenis ikan laut terus terang bentuknya cantik2 dan warnanya cerah-cerah tetapi harganya juga cerah yg paling murah sekitar 65QR tapi rata-rata harga diatas 100QR-200QR per ekor. Hanya saja ada peluang utk nangkep sendiri di corniche atau beli di pasar ikan corniche siapa tahu ada nelayan yg dapet masih hidup he he.... Sementara utk ikan air tawar harganya mulai 5-7 QR sampai 100Qr tapi rata-rata 20QR sampai 50QR per ekor. cuma kita ndak bisa masukin ikan dari corniche deh... lumayan menguras budget klu dibanding sama di indonesia he he ..ya maklum di padang pasir tapi kepinginannya mamsaih mainan yg di Indonesia. Oh ya makanan ikannya juga ada untuk sebotol biskuit ikan ukuran kecil 22QR ndak tau neh buat berapa hari tergantung jumlah ikannnya...ya kalau kehabisan bisa dicoba nasi aja.

Tips
Ini tipsnya baru sedikit itupun di kasih tau yg jualan. Untuk pertama kali memanfaatkan Aquarium dari dos-nya berikut langkah2nya.
a. Cuci dulu dengan Air dan di goyang2 utk membersihkan dari bau pabrik, termasuk batu2, pohon2an plastik yg akan dipakai juga di cuci dulu biar bersih dan tidak bau aneh.
b. Masukkan Air dari Kran kedalam Aquarium kemudian nyalakan Pump Filter selama 30 minute untuk menyaring air yg baru masuk dengan ditambah Anti CLorine dua tutup botolnya per sekali isi. tujuannya utk remove clorine yg terdapat dalam air dari pipa air. kalau airnya panas/anget perlu ditambahn Ice Batu utk pendingin.
c. pengalaman setelah dimasukin anti clorine akan muncul gumpalan2 warna putih ...mungkin itu clorine yg menggumpal kali ( I am not sure) dibersihkan saja dulu pakai lap yg di kaca2 atas atau di ambilin pakai sendok karena mengambang diatas.
d. Setelah 30 minute air berputar dan di filter baru masukkan ikan satu2/bersamaan beserta air yang dari tokonya. Jangn lupa juga dikasih makan tuh ikan he.. gantian biasanya dijadikan lauk..sekrang harus kasih makan tiap hari..

Anyway silahkan mencoba mainan baru ini di Doha, saya sendiri tidak terlalu hobby hanya karena anak kecil yang minta dan biar kerasan tinggal di Doha tidak ada salahnya. Tapi lumayan juga ditaruh di kamar bisa jadi penerang kamar waktu tidur sambil lihatin ikan yg Suuuiiibuk mondar-mandir dlm kaca seperti ndak pernah tidur itu ikan...hmmm capek deh.

Terakhir klu mau setup awal ini yang harus dibeli yaitu Aquarium (biasanya sudah sepaket sama filter system, batu2, 1 pohon plastik), Ikan tentunya, Anti Clorine 10QR dan biskuit ikan 22QR. Selamat menikmati...kehidupan ikan...

Tambahan Informasi
Setelah hampir dua minggu merawat Aquarium sudah 5 ikan berguguran dengan latar belakang kematian berbeda-beda.
Ikan pertama..mati karena tiba2 air dlm aquarium jdi hangat dan rupanya ikan ini mungkin tidak tahan atau memang sudah sakit karena sejak awal...tampak malas-malasan (ndak krasan)
4 Ikan lainnya mati setelah Spong filter saya bersihin dan air saya ganti dan terlalu banyak/sering diberi makan...ini kemungkinan pemicunya karena Aquarium masih baru dan amoniak meningkat...

Nah utk yg baru akan mulai..baca dulu deh artikel tentang ..memelihara ikan di website hewanpeliharaan.com

Semoga arwah para ikan diterima dan mendapat tempat yg layak... maafkan kita ya !

2 comments:

Faisal Wiryasantika said...

Selamat deh dengan maenan barunya... lumayan tugas tambahan kuras2x aquarium cak :)

Vamikov said...

TFS Pak....