Friday, July 27, 2007

About VISA

Menjawab pertanyaan bbrp orang teman tentang visa, berikut ini informasi yg aku tahu sampai saat ini:
Jenis2 visa:
- Visa by Sponsorship
- Company Sponsor (untuk karyawan perusahaan)
Biasanya berlaku bbrp bulan, karena setelah di Qatar, nanti di-convert menjadi RP (resident permit). Untuk proses mendapatkan resident permit, harus melalui test kesehatan dan finger printing. Ceritanya ada di posting-ku yg lain.
- Personal Sponsor (untuk pekerja di rumah)
Sama dengan karyawan. Bila mau menyeponsori orang, biayanya 1000an QR. Dan ada aturan bhw kita tidak diperkenankan mempekerjakan orang dari satu negara.
- Family Visit
Berlaku 1 bulan. Bisa diperpanjang maksimum 5 bulan untuk keluarga dekat. Kalau keluarga jauh maksimum 2 bulan extension. Biayanya sekitar 200QR per passport.
- Visa for Wives and Children
Sama dengan visa karyawan. Cuma kalo ini yg menyeponsori adalah orang tua atau suami. Bbrp perusahaan memberikan fasilitas untuk family visa ini. Biayanya (menurut website) sekitar 500QR per passport.
- Tourist Visa
Berlaku 2 minggu dan bisa diperpanjang 2 minggu lagi. Biaya 55QR per passport.

Prosedurnya tinggal datang ke kantor imigrasi di dekat bandara, lalu menyerahkan syarat2nya. Syaratnya antara lain: ID sponsor dan bukti hubungan keluarga (KK atau akte lahir) serta menyerahkan biaya administrasi. Nanti diberikan nomor registrasi yg bisa dilihat statusnya di internet (www.e.gov.qa). Kalau sudah selesai, tinggal di-print dan datang ke Qatar. (sumber : tentangqatar.blogspot.com)

No comments: